Manfaat Mendengarkan Musik

 Kali ini saya akan mengeshare Beberapa manfaat mendengarkan musik 



  • Membantu Kesehatan Secara Spiritual 

 Ada hubungan yang unik antara musik dengan spiritualitas. Jenis musik tertentu membantu kita berdoa dan menjadikan kita lebih dekat kepada Tuhan. 

  • Menghilangkan Rasa Sakit




Menurut Jurnal Medis, mendengarkan musik setiap hari akan mengurangi rasa sakit kronis hingga 21 persen. Penelitian juga menunjukkan bahwa mendengarkan musik secara teratur menjadikan seseorang dapat mengendalikan rasa sakit mereka, mengurangi depresi dan menjadikan mereka tidak mempedulikan kondisi fisik yang terbatas, misalnya tengah lemas atau mengantuk.

  • Mengurangi Stress



Orang bisa sakit karena mengalami stress yang bekepanjangan.  Stres merupakan silent killer yang bisa membunuh kita pelan-pelan. Stres juga dapat mempercepat proses penuaan dan mempengaruhi kecantikan kulit maupun rambut. 

Musik mampu membuat suasana hati lebih tenang. Sebuah penelitian menunjukkan berkurangnya tingkat stress dan kecemasan, subyek diminta mendengarkan musik yang menenangkan selama setengah jam dua kali sehari. 


  • Untuk Kesehatan Jantung 



Mendengarkan musik yang sesuai bisa membantu mengurangi denyut jantung dan menurunkan tekanan darah. Resiko terkena stroke dan permasalahan kesehatan lain juga akan berkurang. Sebuah penelitian yang dilakukan di Italia, peneliti menemukan bahwa orang-orang dengan hipertensi (tekanan darah tinggi) yang mendengarkan musik klasik, Celtic, atau musik tradisional selama 30 menit sehari satu bulan akan mengalami pengurangan tekanan darah yang signifikan. Musik yang baik akan membantu menenangkan sel dan jaringan yang menjadikan paru-paru menarik nafas lebih baik dan denyut jantung menjadi normal. 

  • Menstimulasi Sel Otak




Penelitian menunjukkan bahwa musik dengan beat yang kuat bisa menstimulasi gelombang otak untuk beresonansi dengan irama tersebut, beat yang semakin cepat menjadikan konsentrasi lebih tajam dan pikiran lebih waspada. Sisi lain, mendengarkan musik klasik akan menjadikan kamu tenang dan terbawa ke fase meditatif. Musik klasik juga menimbulkan rasa nyaman dan meningkatkan kreativitas.

  • Meningkatkan Performa dalam Olah Raga




Musik akan mengalihkan perhatian kamu dari gerakan olah raga yang berulang dan mengabaikan rasa lelah dan kebosanan. Musik juga bisa menjadi stimulan yang meningkatkan performa kamu. Menurut penelitian tahun 2005, mendengarkan musik ketika berolahraga akan menunjang berkurangnya berat dan membantu orang yang berolah raga untuk tetap konsisten.

  • Tidur Lebih Nyenyak




Musik terbukti mampu membuat tidur kita lebih nyenyak. Mendengarkan musik yang bertemo lambat direkomendasikan. 

  • Meningkatkan Optimisme




Musik bisa membuat pikitan jadi positif, membantu menajuhkan diri dari depresi. Musik juga akan meningkatkan penghargaan diri dan rasa percaya diri.

  • Membantu penyembuhan Kanker


Penelitian menunjukkan musik memiliki manfaat bagi seseorang untuk mengatasi kanker. Musik mampu mengurangi kecemasan ketika pasien menerima terapi radiasi, juga menghilangkan rasa mual dan muntah karena kemoterapi dosis tinggi.

  • Membantu Bersosialisasi




Di sekolah dan kampus ada grup untuk bernyanyi bersama. Seperti paduan suara dan band. Memiliki selera musik yang sama bisa diomongkan bersama sehingga diskusi lebih seru. 


Itulah Beberapa manfaat saat kita mendengarkan Musik 
Sekian dan semoga bermanfaat




0 komentar

Post a Comment

Terimakasih sobat sudah berkunjung di Zerone Blog. Silahkan sobat beri komentar terhadap Artikel di atas!,

1. Jangan menggunakan kata - kata tidak baik
2. Di larang SPAM
3. Dan Harap tidak meletakan link Aktive

Terimakasih atas perhatiannya.