Pola Penyerangan dan Pertahanan Dalam Bola Voli Terlengkap

Pola Penyerangan dan Pertahanan Dalam Bola Voli

Pola Penyerangan dan Pertahanan Dalam Bola Voli Terlengkap

Sejarah Bola Voli

Bola voli adalah olahraga permainan yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Terdapat pula variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing grup hanya memiliki dua orang pemain. Olahraga Bola Voli dinaungi FIVB (Federation Internationale de Volleyball) sebagai induk organisasi internasional, sedangkan di Indonesia di naungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia)

A. Pola Penyerangan

Pola penyerangan adalah suatu siasat yang dipergunakan dalam suatu pertandingan untuk mencari kemenangan secara sportif. Bentuk taktik penyerangan maupun pertahanan mencakup taktik individu maupun kelompok. Taktik penyerangan diartikan sebagai siasat yang mengharuskan regu lawan bertindak menuruti regu yang menjalankan penyerangan. Prinsip penyerangan adalah usaha untuk mematikan bola dilapangan lawan dengan jalan apapun yang diperkenankan dalam peraturan permainan.

Langkah-langkah menyusun suatu pola penyerangan adalah sebagai berikut:
  • Menaganalisis situasi pertandingan sesuai dengan kondisi lawan dan alam sekitar.
  • Proses pemecahan mental dalam suatu taktik yang akan dikerjakan.
  • Tindakan gerakan secara otomatis terhadap hasil keputusan yang diambil.
  • Adaptasi dengan lingkungan sekitar.
  • Survey pertandingan tentang system yang digunakan.

1. Melindungi Penyerang (cover)

Cover adalah suatu proses serangan dari pemain penyerang yang melambung kembali dari block (block) bendungan pihaklawan harus diterima oleh pemain seregunya yang bersama-sama telah mempersiapkan diri untuk membela dan membentuk pertahanan.
Tujuan dari mengcover penyerang adalah mengcover seluruh lapangan terhadap segala bola yang dilambungkan kembali dari block pihak lawan. Jarak antara kelompok-kelompok yang berkumpul disekitar penyerangan bergantung dari:
  • Lambungan pss dari setter (pengumpan)
  • Kualitas block pihak lawan
  • Arah lajunya yang dipukul oleh penyerang

2. Teknik-Teknik Penyerangan

Smash adalah pukulan keras dan cepat untuk mematikan lawan sehingga lawan tidak mamu mengembalikan bola.  Ada 4 jenis smash, yaitu:
  • Frontal smash (smash depan)
  • Frontal smash dengan twist (smash depan dengan memutar)
  • Samsh dari pergelangan tangan
  • Dump (smash pura-pura)
Dalam melakukan smash ada 4 tahap gerakan yang harus diperhatikan antara lain, sebagai berikut:Tahap pertama :
  • run-up (lari menghampiri)
  • Tahap kedua: take-off (melompat)
  • Tahap ketiga: hit (memukul)
  • Tahap keempat: landing (mendarat)

B. Pola Pertahanan

Pola pertahanan mempunyai arti bahwa pemain bertahan dalam keadaan pasif menerima serangan, dengan harapan regu lawan membuat kesalahan dari penyerangannya. Taktik bertahan harus mempunyai prinsipagar dengan pertahan itu regunya dapat menyerang kembali regu lawan.

Berikut pola pertahanan dan tekniknya:

1. Pola Bendungan Berteman

Bendungan berteman adalah pola pertahanan yang dilakukan secara tim yang mencakup 2 aspek: menerima smash lawan dan melindungi dengan block. Adapun jenis pertahanan yang paling penting adalah harus menerima bola dengan kedua belah lengan pada posisi berdiri.

2. Pola Bendungan (block)

Block dan sistem pertahanan harus mampu bekerja sama dengan baik jika ingin mengalahkan penyerangan yang mematikan dari pihak lawan. Pola pertahanan Block yang sering digunakan dalam permainan bola voli adalah sebagai berikut:
  1. Bendungan Satu Pemain
    Digunakan jika lawan memainkan penyerangan yang sangat cepat, cermat dan kuat yang membuat  pihak bertahan tidak mempunyai kesempatan sama sekali untuk membantu teman melakukan block.
  2. Bendungan Dua Pemain
    Digunakan apabila tim lawan memainkan pola penyerangan dengan ketepatan sasaran, yang membuat pihak bertahan masih memiliki kesempatan untuk membantu teman melakukan block secara bersama.
  3. Bendungan Tiga Pemain
    Block jenis ini digunakan jika menghadapi lawan yang tangguh memainkan penyerangan dengan samsh-smash yang tajam,keras dan menungkik. Sehingga diharapkan dengan adanya block yang banyak penyerangan dapat digagalkan.

Demikian Pola Penyerangan dan Pertahanan Dalam Bola Voli Terlengkap yang dapat Zerone Blog berikan semoga bermanfaat untuk sobat, Terimakasih.

0 komentar

Post a Comment

Terimakasih sobat sudah berkunjung di Zerone Blog. Silahkan sobat beri komentar terhadap Artikel di atas!,

1. Jangan menggunakan kata - kata tidak baik
2. Di larang SPAM
3. Dan Harap tidak meletakan link Aktive

Terimakasih atas perhatiannya.