Daftar Masjid - Masjid Di Eropa Yang Awalnya Gereja

Masjid - Masjid Di Eropa Yang Awalnya Gereja - Masuknya islam di negara- negara Eropa membuat semakin banyak warga Eropa yang ikut memeluk agama islam. Dengan begitu banyaknya mualaf yang membutuhkan sarana atau tempat untuk ibadah. maka tak heran di barat, banyak ditemui gereja - gereja yang beralih fungsi menjadi masjid. berikut masjid - masjid yang dulunya dikenal sebagai gereja.

1. Masjid Zakariyya ( Bolton, Inggris )

Daftar Masjid - Masjid Di Eropa Yang Awalnya Gereja

Pada tahun 1965 - 1967 para mualaf di bolton dan blackburn sempat tak memiliki tempat ibadah. tak jarang mereka harus meminjam sebuah diskotik yang bernama The Aspiral untuk melaksanakan shalat jumat. pada tahun 1967 para mualaf mendapat tawaran untuk membeli sebuah gedung bekas gereja yang terbakar sebelumnya. karena kebutuhan yang mendesak, para mualaf mengumpulkan dana dan berhasil membeli gedung tersebut dengan harga 2.750 poundsteerling. bangunan yang rusak direnovasi. kini gedung itu berubah menjadi masjid yang besar dengan kubah yang amat berwibawa, lengkap dengan menaranya.


2. Masjid Jami' ( London, Inggris )

Daftar Masjid - Masjid Di Eropa Yang Awalnya Gereja

Bangunan ini berdiri sejak 1973. Dulunya merupakan gereja milik pemeluk agama Kristen Protestan yang dikenal sebagai komunitas Huguenot - Kelompok Kristen Protestan yang lahir dari prancis. Namun karena jamaahnya terus menurun, gereja itu akhirnya di jua. Sebelumnya gereja ini sempat menjaditempat mempromosikan Kristen bagi orang - orang yahud. Namun upaya gagal sehingga jumlah pengunjung semakin minim. Sempat pula gedung ini menjadi tempat berkumpul orang - orang Yahudi dalam beberapa waktu. Karena gedung ini sering kosong maka di pinjamlah oleh orang muslim untuk melaksanakan shalat jumat. Akhirnya gedung dibeli. Setelah menjadi masjid permanen gedung ini kian terkena. maka gedung ini kemudian disebut masjid jami', meski bentuknya tak seperti bangunan masjid lainnya.

3. Masjid Didsbury ( Burton Road, Manchester )

Daftar Masjid - Masjid Di Eropa Yang Awalnya Gereja

Masjid ini dulunya gereja komunitas Metodis yang bernama Albert Park. Gedungnya tergolong bangunan kono karena dibangun pada 1883. Namun pada 1962, Gereja ditutup kemudian dibeli kaum muslim dan difungsikan sebagai Islamic Center. kini masjid ini mampu menampung sekitar 100 Jamaah.

4. Masjid Brent ( London, Inggris )

Daftar Masjid - Masjid Di Eropa Yang Awalnya Gereja

Gedung ini dibeli kaum muslim dari pihak Kristin. Karenagereja itu sering kosong dan akhirnya dijual. MAsjid yang terletak di Chichele Road, London NW2 ini mampu menampung sekitar 450 jamaah. kini masjid ini dipimpin oleh Syeikh Muhammad Sadeez. Meski namanya masjid namun gedung ini bentuknya belum berubah dari aslinya kecuali ada penambahan sedikit.

5. Masjid New Peckham ( London, Inggris )

Daftar Masjid - Masjid Di Eropa Yang Awalnya Gereja

Masjid ini terletak di dekat Burgess Park, London Selatan. Sebelumnya bangunan gereja ini bernama St Marks Cathedral. Setelah dibeli oleh Syeikh Nadzim Al Kibrisi yang merupakan penyebar islam di london dan kemudian diubah menjadi masjid.

Demikian Beberapa Masjid - Masjid Di Eropa Yang Awalnya Gereja yang dapat Zerone Blog Berikan semoga bermanfaat untuk sobat, Terimakasih sudah berkunjung di Zerone Blog.

0 komentar

Post a Comment

Terimakasih sobat sudah berkunjung di Zerone Blog. Silahkan sobat beri komentar terhadap Artikel di atas!,

1. Jangan menggunakan kata - kata tidak baik
2. Di larang SPAM
3. Dan Harap tidak meletakan link Aktive

Terimakasih atas perhatiannya.